Les SIMAK UI

Salah satu program les unggulan Bimbel Akong adalah program Les SIMAK UI. SIMAK UI merupakan singkatan dari Seleksi Masuk Universitas Indonesia. SIMAK UI ini merupakan suatu ujian yang diselenggarakan mandiri oleh Universitas Indonesia, jadi sangat berbeda dengan SBMPTN yang merupakan tes masuk universitas negeri yang merupakan gabungan dari berbagai universitas negeri di Indonesia yang di dalamnya juga sudah termasuk Universitas Indonesia. Untuk lebih jelas apakah itu Les SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) dan mengapa penting mengambil program Les SIMAK UI di Bimbingan Belajar Akong, ikutilah penjelasan berikut.

Apa Itu Les SIMAK UI?

SIMAK UI merupakan ajang adu otak siswa-siswi se-Indonesia untuk bisa masuk Universitas Indonesia. Sebenarnya ada juga tes masuk seperti SBMPTN, namun SIMAK UI sifatnya ujian mandiri yang diselenggarakan langsung oleh Universitas Indonesia. Apa saja yang menjadi perbedaan SIMAK UI dengan SBMPTN? SBMPTN adalah tes masuk yang diselenggarakan oleh semua universitas negeri di Indonesia seperti ITB, IPB, Unpad, Unsri, UGM termasuk UI sendiri, dan universitas negeri lainnya. SBMPTN diikuti oleh jutaan siswa-siswi kelas 3 SMA yang baru saja menyelesaikan UN (Ujian Nasional), dengan rentang waktu kira-kira 1 bulan setelah UN. Sehingga peluang untuk masuk universitas negeri tersebut sangatlah kecil, karena si siswa harus bersaing dengan jutaan siswa SMA se-Indonesia. Sebagai contoh misalnya, si siswa merupakan juara sekolah ataupun juara kelas di sekolahnya, apakah siswa tersebut sanggup untuk bersaing dengan ribuan siswa se-Indonesia yang juara juga untuk memperebutkan kursi di universitas negeri, terlebih lagi seperti UI, ITB, UGM dan sebagainya?

LES SIMAK UI AKONG

LES SIMAK UI dengan guru les berpengalaman

Seperti kita ketahui UI yang merupakan Universitas nomor 1 di Indonesia menjadi universitas paling terfavorite diimpikan jutaan orang di Indonesia. Dengan impian bergaji tinggi setelah lulus UI dibanding Universitas lainnya. Oleh karenanya, banyak siswa yang mengambil langkah proteksi, mereka selain ikut SBMPTN, mereka juga ikut SIMAK UI. Tes SIMAK UI pesertanya relatif sedikit, tidak sampai jutaan. Mungkin saja ribuan siwa, hal ini dikarenakan memang jalur masuk yang berasal langsung dari UI ini dikenakan biaya yang lebih tinggi daripada bilamana lewat jalur SBMPTN. Sehingga relatif lebih mudah untuk masuk Universitas Indonesia lewat jalur SIMAK UI ini. Sebagai gambaran, di Bimbingan Belajar Akong, tahun lalu 100 persen murid dengan mudah masuk UI lewat jalur SIMAK UI ini.

Dari segi soal-soal, soal SIMAK UI ini berbeda total dengan soal SBMPTN, maupun soal UN SMA. Banyak orang berprasangka, bahwa soal SBMPTN lebih susah dari SIMAK UI dikarenakan melihat peserta SBMPTN yang mencapai jutaan. Namun sebenarnya, tidaklah demikian. SIMAK UI soalnya sangat susah, malah di atas jauh lebih susah daripada SBMPTN, membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikan bahkan 1 soal saja. Berdasarkan pengalaman Pengajar, perbandingan tingkat kesulitan antara SIMAK UI, SBMPTN, dan UN yakni 4 : 2 : 1. Nah kan, bisa dilihat seberapa sulitnya SIMAK UI.

Mengapa Harus Mengambil Program Les SIMAK UI ini?

Untuk les SIMAK UI, maupun les SBMPTN para siswa harus jeli memilih Bimbel yang dipilihnya. Lihat dahulu yang mengajar apakah dari lulusan UI langsung? Kedua, harus dilihat, juara berapa si pengajar yang lulus UI tersebut pada waktu kuliah di UI? Soalnya, untuk sukses masuk UI, haruslah pengajar merupakan lulusan langsung dari UI , dan lebih baik lulusan yang berprestasi, karena akan merupakan jaminan masuk UI. Analoginya, bagaimana seseorang yang ikut pendidikan pilot bisa lulus ujian menerbangkan pesawat, apabila si guru pilot tersebut merupakan guru yang mungkin juara terakhir dulunya di sekolahnya, dan terlebih berasal dari sekolah yang tidak bonafid, sehingga sangat beresiko untuk kecelakaan.

Di Bimbel Akong, pengajar yang juga merupakan lulusan UI dengan predikat sangat memuaskan, sehingga menjamin siswa diajar berdasarkan pengalamannya dahulu bagaimana bisa masuk UI dengan berjuang mati-matian, dan belajar di UI dengan berjuang keras hingga mendapatkan berbagai beasiswa. Untuk bisa jago Kungfu, belajarlah langsung Kungfu di Shaolin di China, jangan belajar di Indonesia.

Tanpa ikut Program Les SIMAK UI ini tampaknya seperti orang perang membawa senjata, namun lupa bawa peluru, padahal musuh di depan mata. Dengan ikut Les SIMAK UI di Bimbel Akong, si murid akan diajarkan metode cepat, pembahasan terstruktur, mudah dimengerti sehingga meningkatkan rasa percaya diri siswa ketika melihat soal. Dari banyak pengalaman, banyak siswa yang tidak ikut Les SIMAK UI di Bimbel Akong yang mabuk panggung, bahkan hilang percaya diri / keringatan, ketika mereka ikut SIMAK UI dan melihat banyak saingannya dari sekolah lain yang pintar-pintar.

Di Bimbel Akong juga bukan hanya menyiapkan Les SIMAK UI saja, juga Les SIMAK UI International, yakni tes masuk Universitas Indonesia program International Class (sudah termasuk program Les TOEFL), dimana bukanlah suatu masalah karena Bimbel Akong merupakan pusat Les International School di Jakarta.

Kapan sih harus ikut program Les SIMAK UI di Bimbel Akong? Ya secepatnya. Bahkan ada murid yang sudah dipersiapkan dari SMA kelas 1, yang biasanya sudah dipersiapkan berbarengan antara Les SIMAK UI dan Les SBMPTN, sehingga peluang untuk masuk tinggi sekali. Untuk siswa yang sudah kelas 3, tidaklah harus menunggu UN (Ujian Nasional) SMA selesai baru les. Karena semakin dari jauh-jauh hari Les SIMAK UI, peluang dapatnya sangat tinggi. Terlebih dari itu, Les SIMAK UI, dapatlah dikombinasikan dengan Les UN dan Les SBMPTN sehingga sangat membantu meningkatkan nilai UN (Ujian Nasional).

Semoga penjelasan tentang program Les SIMAK UI ini mampu membantu Anda memilih program Les terbaik untuk Anda.

2 comments on “Les SIMAK UI
  1. Mohammad says:

    Apakah boleh mengikuti dua tes (SBMPTN dan SIMAK UI jalur reguler) sekaligus?

    Like

  2. Daniell Edward Raharjo says:

    Siang
    Saya mau tanya unt les SIMAK, bisa minta no tlpn yg bisa dihubungi. Lesnya nanti dimana? Anak kami sklh di UPHC skrg kls 12.
    Kami tunggu balasannya. Tks

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: