Les NUS

Di Bimbel Akong ada program unggulan Les NUS (Les persiapan tes masuk NUS National University of Singapore / UEE NUS — University Entrance Exam National University of Singapore). Tidak banyak Les private / Bimbel di Indonesia yang bisa mengajar program Les NUS ini dikarenakan tingkat kesulitannya sangat tinggi sekali. Berikut ini merupakan penjelasan apa itu Les NUS dan mengapa sangat penting untuk mengambil Les NUS di Bimbel Akong, simaklah penjelasan berikut ini.

Apa Itu Les NUS?

Les NUS sebenarnya merupakan program mempersiapkan siswa untuk siap ikut tes UEE NUS (University Entrance Exam National University of Singapore). NUS merupakan salah satu universitas terbaik di Asia. Di Singapore, NUS memegang ranking 1. NUS pun sangat ngetrend di Indonesia, jutaan orang ingin kuliah di NUS. NUS dapat kita katakan sebagai UI nya Singapore yang menjadi favorite para siswa Indonesia kelas 3 SMA, yang biasanya mengurutkan prioritas pertama yakni NUS / Nanyang, sedangkan pilihan kedua yakni UI / ITB, dsb.

Setiap tahunnya, ribuan siswa Indonesia berprestasi bertarung berkompetisi bisa masuk NUS yang memang dijatankan secuil kursi oleh Singapore Government jatah untuk Indonesian Citizen. UEE NUS biasanya diselenggarakan akhir Januari atau di awal bulan Februari di hanya 2 kota, yakni Medan dan Jakarta.

Mengapa Harus Ambil Program Les NUS Ini Di Bimbel Akong?

Materi yang diujikan di UEE NUS  (tes masuk National University of Singapore) seperti yang tertera di situs NUS, yakni dari bahan A Level untuk anak IPA dan AO Level untuk anak IPS. Namun sepenuhnya tidaklah demikian. Selain itu sebenarnya banyak sekali tambahan materi dari sumber lain, yang secret nya NUS, sebagai untuk mengeliminasi anak-anak super jenius dari Indonesia untuk dipilih terbaiknya.

As we know, Cambridge A Level adalah kurikulum yang aduhai susah. Terlebih lagi Cambridge A Level di Singapore hasil modifikasi dari MOE (Minister of Education Singapore), dimana tingkat kesulitannya lebih diperberat lagi daripada A Level yang original.

Jika ada stereotype pelajaran International School gampang bangat dibandingkan pelajaran kurikulum Nasional, itu adalah suatu kekeliruan yang sangat besar atau hanya menjadi alasan klasik untuk tidak mengakui kelemahan kurikulum Indonesia yang jelas jelas tertinggal sekali. AO Level, sebenarnya tidak ada sama sekali di Singapore. Hal tersebut merupakan penamaan saja di UEE NUS ini, untuk bisa tau  mengenai AO Level akan didapatkan bila sudah les di Bimbel Akong.

Gap kurikulum Cambridge A Level dengan kurikulum Nasional sangatlah tinggi sekali. Banyak juara dari seluruh Indonesia sekalipun kewalahan berhadapan dengan kurikulum Cambridge A Level ini. Beberapa siswa mencoba belajar sendiri tanpa bimbel untuk persiapan tes NUS, tapi berdasar pengalaman Pengajar banyak siswa yang salah pengertian, dan tak mengerti shortcut nya. Tambahan lagi biasanya menjelang UEE NUS, anak-anak 3 SMA sedang dalam periode persiapan menjelang UN (Ujian Nasional), sehingga beban mereka berat, sehingga ada baiknya untuk siswa untuk mengambil persiapan UEE NUS jauh-jauh hari sebisa mungkin dari kelas SMA 1.

Sebagai Pusat Les International School di Jakarta (tuition center for International School in Jakarta), Bimbel Akong sudah banyak asam garam hampir 20 tahun handle kurikulum Cambridge A Level / Cambridge IGCSE / Cambridge O Level, maupun kurikulum negara-negara lainnya. Ratusan murid dari berbagai international school di Jakarta les di Bimbel Akong, sehingga Bimbel Akong sangat mudah mengajarkan Les NUS / Les UEE NUS / University Entrance Exam National University of Singapore).

Biasanya pada waktu libur sekolah di bulan Juni-Juli dan Desember-Januari banyak siswa dari banyak kota di Indonesia khusus datang ke Jakarta untuk ikut persiapan tes masuk NUS ini di Bimbel Akong. Kelebihan Les NUS ini bisa juga sebagai bekal tambahan siswa untuk pelajaran sekolahnya karena banyak siswa yang les mulai kelas 1 SMA, sangat berprestasi di sekolahnya menjadi juara.

Seberapa penting Les NUS sih? Siswa yang juara di sekolahnya, belum tentu juara di sekolah lain, mungkin saja dia ranking 10 di sekolah lain. Seperti kita ketahui, tingkat kesulitan SBMPTN 2 kali UN, sedangkan SIMAK UI 3 kali UN. Kalau kita lihat soal UEE NUS tingkat kesulitannya bisa mencapai 10 kali lipat soal SBMPTN / SIMAK UI sehingga kesulitannya berkali-kali lipat daripada soal UN (Ujian Nasional). Meskipun begitu, ribuan murid SMA dari berbagai kota seluruh Indonesia sangat antusias mengikuti UEE NUS tersebut.

Kenapa sih NUS favourite di antara siswa Indonesia? Tentunya dengan masuk NUS, bisa memperbaiki ekonomi keluarga. High salary bisa didapat setelah lulus NUS, sebagai perbandingan lulus NUS bisa mendapat gaji 50 juta,sedangkan fresh graduate lulusan universitas di Indonesia mencapai 3 juta rupiah sebulan, jadi 17 kali lipat, dengan artian kerja 1 tahun di Singapore sebanding dengan kerja 17 tahun di Indonesia. Selain itu siswa setelah lulus punya kesempatan dapat PR (permanent resident Singapore /green card) yang berhak mendapatkan banyak tunjangan / allowance dari Pemerintah Singapore. Terlebih bilamana ingin menarik / mensponsori orang tua yang sudah pensiun/adik/kakak ke Singapore. Sang Pengajar yang sering business trip ke Singapore,sering kali bertemu dengan banyak anak-anak alumni UI bekerja di Singapore, yang tentunya menandakan bahwa di Singapore mereka mendapat high salary.

One comment on “Les NUS
  1. erika says:

    Saya berdomisili di medan…apa ada paket bimbel jarak jauh untuk nasuk sma di singapore? Tks

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: