Les Homeschool

Salah satu program les unggulan Bimbel Akong adalah Les Homeschool. Definisi dari homeschool yakni tidak ikut serta pendidikan formal di sekolah, dikarenakan beberapa faktor. Les Homeschool ini rada berbeda dengan program les yang lain. Untuk lebih jelas mengetahui apakah itu Les Homeschool dan mengapa sangat penting untuk mengambil Les Homeschool di Bimbel Akong, simaklah penjelasan berikut ini.

Apakah Itu Les Homeschool?

Banyak alasan mengapa orang tua tidak mau memasukkan anaknya ke dalam pendidikan formal (sekolah)? Selain itu, homeschool terkadang juga merupakan pilihan si anak, bukan pilihan si orang tua, yang dikiranya terbaik untuk dirinya sendiri.

Dari hasil observasi Pengajar, banyak orang memilih homeschool, dikarenakan si orang tua tidak merasa cocok dengan sistem pendidikan kurikulum yang sudah ada, yakni nasional maupun international. Sehingga si orang tua berpikir untuk mendidik anaknya sendiri dengan sistem kurikulumnya sendiri (mungkin berupa adaptasi berbagai kurikulum yang sudah ada).

Alasan kedua, beberapa kasus, si orang tua merupakan guru suatu sekolah, sehingga berpikir sangat ekonomis untuk mendidik anaknya sendiri. Kan bisa ngirit kalau 1 keluarga ada 3 anak, bisa ditabung biaya pendidikan ke 3 anaknya tersebut.

Selain itu, alasan agama juga terkadang menjadi suatu alasan. Dengan pola pikir yang menganggap sekolah terkadang kurang memberikan pendidikan agama, meskipun ada sekolah berbasis agama Islam, Kristen, Katolik maupun Buddha, namun sebagian orang tua menganggap sekolah tersebut masih belum cukup.

Alasan lain, banyak kejadian, sebelumnya homeschooler merupakan siswa dari salah satu sekolah, dan kemudian nilainya kurang bagus, atau bahkan tidak naik kelas, dan kejadiannya berulang-ulang. Sehingga orang tua murid memutuskan ambil jalan homeschooling. Tidak jarang juga, siswa di sekolah disentimenin guru, ataupun siswa dibully teman-teman sekolahnya sehingga akhirnya memutuskan untuk tidak bersekolah lagi.

Selain itu tidak sedikit murid yang sengaja keluar dari sekolahnya ketika memasuki kelas 2 sma. Dan siswa tersebut sebentar lagi akan kuliah atau ikut college di Amerika / luar negeri, sehingga dia punya waktu 1/2 tahun hingga 1 tahun menunggu di Indonesia sebelum berangkat, sehingga memutuskan ambil homeschool untuk belajar pelajaran kurikulum luar negeri, seperti Amerika, Cambridge, Australia, dan lain-lain.

Tidak sedikit orang tua siswa yang kerjanya nomaden (berpindah-pindah) dari satu kota ke kota lain, bahkan dari suatu negara ke negara lain, sehingga memutuskan untuk mendidik anak-anak mereka sendiri.

Pendidikan homeschool oleh orang tua ini ada yang mengambil kurikulum nasional, maupun kurikulum International. Yang kurikulum nasional, mereka berpatokan pada UN paket A / B /C. Sedangkan yang kurikulum international berkiblat pada kurikulum Cambridge, dan IB.

Les Homeschool di Bimbel Akong sendiri terdapat beberapa divisi, seperti Les Homeschool program les kurikulum nasional, kurikulum Cambridge, IB, AP, HSC, Singapore, bahkan ada program campuran kurikulum nasional dan international, sehingga orang tua bebas memilih.

Mengapa Harus Mengambil Les Homeschool di Bimbel Akong?

Tentunya Anda tidak asing dengan istilah ISO ataupun SNI? Yakni standard International ataupun Nasional.Sang Pengajar di Bimbel Akong yang sudah mengajar puluhan tahun, kualitasnya pun tidak diragukan lagi, karena menguasai medan pendidikan berbagai kurikulum di dunia, termasuk kurikulum nasional. Para orangtua homeschooler apakah sudah mendidik anaknya sesuai dengan standard yang sebenarnya? Terkadang, kalau di pikiran kita, ini merupakan yang terbaik, namun sebenarnya Anda perlu orang lain yang mengevaluasi hasil belajar homeschooler, dan metodenya apakah sudah di jalan yang benar atau tidak. Makanya, tidak sedikit orang tua homeschooler yang memasukkan anaknya ke dalam Bimbel Akong untuk menstandardkan kualitas belajar homeschooler seperti layaknya sekolah formal yang ada. Bagaimana Anda bisa tau kemampuan anak anda? Sebaiknya memberikan pihak ketiga yang mengevaluasi apakah anak anda sudah competent. Terlebih untuk yang mengambil kurikulum International, dimana semua bahasa pengantarnya Inggris dan metode pembelajaran dan cara mengajar muridpun sangat berbeda. Perlunya ikut Bimbel untuk ikut serta meningkatkan nilai homeschooler sebelum homeschooler ambil Ujian Nasional maupun tes Cambridge dan IB. Setiap menjelang ujian tersebut banyak homeschooler berbondong-bondong les di Bimbel Akong dikarenakan kepercayaan diri akan kemampuan homeschooler berdasarkan didikan orangtua mereka masih dipertanyakan. Sehingga orang tua berpikir perlunya menstandardkan anak-anak mereka sejajar dengan murid-murid sekolah pada umumnya. Karena kalau tidak lulus, sangat disayangkan waktu yang sudah terbuang, umur pun menjadi semakin tua.

Masalah lain yang dihadapi orang tua homeschooler yakni disiplin belajar. Terkadang mereka mengajari anak mereka dengan penuh toleransi / Cing cai. Ada film bagus di TV, stop dulu belajarnya. Ada tamu datang, stop dulu belajar. Banyak sekali gangguan belajar. Selain itu kesibukan orang tua yang sangat luar biasa jadi disiplin belajarpun menjadi terlantar. Sehingga perlunya homeschooler untuk diikutsertakan di Bimbel Akong sehingga program belajarnya fix setiap hari apa dan jam berapa. Dengan disiplin tersebut hasilnya pun luar biasa. Analoginya, kalau orang sakit,kalau diberi obat teratur, akan cepat sekali sembuh. Namun apabila, dikasih obatnya tidak disiplin, kadang kelupaan makan obat dan jamnya beda-beda,alhasil pengobatanya pun terhambat, bahkan tidak sembuh sama sekali.

Dari banyak pengalaman, pendidikan homeschooling tersebut bukanlah KW3, namun bisa diandalkan. Banyak murid homeschooler di Bimbel Akong sudah mendapat beasiswa sekolah di Amerika, padahal mereka pegang pulpennya hanya di Bimbel Akong

Tes Cambridge dan Ijazah Cambridge Diurus di Bimbel Akong

Orang tua yang ikut program Les Cambridge Non Sekolah (Les Homeschool) tidak perlu pusing-pusing dengan masalah ijazah dan proses tes Cambridge. Si murid les di Bimbel Akong, dengan tes nya dibantu pengurusannya hingga tuntas hingga mendapatkan ijazah Cambridge (dimulai dari ijazah Cambridge level SD / CIPAT atau CIPP, ijazah Cambridge IGCSE atau Cambridge O Level, ijazah Cambridge AS Level, Ijazah Cambridge CIE A Level).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: