Kenapa Sudah Ikut Bimbingan Belajar, Namun Tidak Lolos Tes Masuk Universitas?

Banyak calon murid yang menghubungi saya untuk ikut tes masuk universitas baik negeri maupun swasta, bahkan luar negeri. Tidak sedikit calon murid yang menginformasikan kalau mereka adalah siswa yang sudah lulus tahun lalu, atau 2 tahun lalu, atau bahkan ada yang 3 tahun lalu lulus, namun mencoba ikut tes masuk universitas namun selalu gagal, meskipun sudah ikut intensif tiap hari bimbingan belajar – bimbingan belajar atau les private yang bahkan sudah sangat ternama.

Sangat disayangkan sekali para siswa tersebut. Kita turut prihatin dengan fenomena tersebut. Karena mereka harus menunggu lagi 1 tahun, 2 tahun, bahkan lebih dari 2 tahun untuk bisa masuk universitas. Rugi umur tentunya, serta biaya yang sangat besar. Kadang kami terima murid seperti itu, mereka bilang, pak saya sudah ikut bimbel di sana sini, sampe 3 bimbel loh, masa 2 tahun lalu gagal, dan tahun lalu juga gagal.

Dalam kesempatan ini, kami ingin mengulas penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan fenomena mengapa sudah les bimbingan belajar, kok saya tetap gagal masuk universitas. Serta tips dan saran yang mungkin bisa cukup berguna.

Penyebab Gagal Tes IB / Masuk Universitas Favorit

Pertama, coba perhatikan 2 bulan atau 3 bulan sebelum tes masuk universitas, apa yang siswa pelajari? Mostly, mereka pasti sedang sibuk-sibuknya siapin ujian nasional. Try out-try out berjubel tanpa henti. Sibuk sekali tentunya. Sebenarnya yang paling crucial adalah mempersiapkan tes masuk universitas, bukan hanya belajar dari materi ujian nasional. Hal ini banyak salah kaprah siswa maupun orangtua. Sehingga pas tes masuk, si siswa tidak ready menjawab soal tes universitas yang tingkat kesulitannya sangat tinggi melebihi soal ujian pada umumnya bakan sampai melebihi sulitnya soal dari ujian nasional.

Sekarang, coba pikir, kenapa harus sibuk di ujian nasional? Ujian nasional tentunya sekolah akan menggenjot siswanya untuk belajar tekun ujian nasional. Apakah salah? Tentu tidak. Sekolah ada agenda tertentu, yakni menaikkan rating ranking sekolah. Biar lebih bagus dari tahun tahun sebelumnya. Untuk apa? Tentu marketing strategi. Kualitas meningkat melalui ranking, otomatis pamor sekolah naik, dan banyak siswa baru yang daftar. Namun banyak sekolah yang melupakan, bahwa yang terpenting adalah bagaimana cara membantu siswa malah untuk bisa diterima di universitas yang mereka idamkan seperti universitas negeri, atau swasta yang difavoritkan, bahkan universitas di luar negeri.

Akhirnya? Akhirnya orangtua murid akan kalang kabut masalah ini. Biasanya 2 minggu sebelum tes universitas, atau 1 bulan sebelum tes universitas negeri seperti SBMPTN, atau SIMAK UI, mereka kalang kabut, biasanya anaknya belum ready. Dan mereka pasti menggunakan jasa pihak ketiga. Tidak mengandalkan materi sekolah lagi. Ternyata waktunya sangat pendek untuk mempersiapkannya. Sehingga persiapannya intensif sekali. Belum lagi salah pilih bimbingan belajar. Seperti diketahui di jakarta ratusan hampir ribuan bimbingan belajar menjamur.

Selain itu tidak sedikit orang tua yang tidak mengerti hal ini, siswapun nyantai-nyantai aja kemungkinan karena minimnya pengetahuan perlunya persiapan tes masuk. Yang mereka kira, tes masuknya kurang lebih sama lah yang seperti diajarkan di sekolah.

Akhirnya mereka tidak lulus ujian tes masuk universitas. Faktor lain, adalah salahnya materi pembelajarannya. Seumpama si siswa akan ikut tes masuk UGM, bilamana siswa salah pilih bimbingan belajar, mereka akan menggunakan soal ala kadarnya yang menuut mereka ya soalnya kurang lebih mirip gini. Lagian kan, orangtua murid atau si siswa ga ngerti ini. Bahaya kan. Jadi intinya salah materi pembelajarannya.

Lain universitas, maka lain pula jenis tes masuknya. Sangat mustahil untuk tembus UGM bilamana menggunakan soal SIMAK UI atau SBMPTN. Meski sama-sama tes masuk, namun mereka mengambil sumber yang berbeda. Istilah lainnya mau tes Cambridge A Level namun bimbingan belajarnya sodorinnya soal IB (International Baccalaureate), ya pasti beda aliran. Artinya tingkat ketepatan materi yang dipelajari merupakan salah satu kunci untuk bisa sukses tembus tes masuk universitas.

Faktor lain yang tidak kalah penting, yaitu si siswanya sendiri. Mau sukses tembus univ atau tidak, itu dari jiwa si siswanya sendiri. Artinya? Ketekunan rajin tidak pernah absen ikut bimbingan belajar, jadi harus rutin. Karena bimbingan belajar punya program, semisal target minggu ini apa, dll.

Bilamana miss 1 sesi tentunya ada materi yang tidak sampai di otak siswa. Siswa kadang susah, ada acara ulang tahun teman, acara osis, beribu macam acara yang bisa jadi alasan agak persiapan tes masuk di bimbingan belajar jadi nomer 2. Padahal, yang harus di nomer 1 kan adalah malah persiapannya. Segala aktivitas yang tidak perlu harus disingkirkan. Selain itu, siswa juga kudu buat pr yang diberikan. Terkadang, kita kasih pr, ternyata tidak dibuat, dengan alasan ada acara ini, ada ulangan banyak, ada bla bla bla. Sehingga si guru pun tentunya akan bosan untuk kasih pr.

Tips Tembus Universitas ala Les Matematika Akong:

Ada banyak tips / bantuan untuk dapat tembus / lolos tes masuk universitas favorit. Berikut adalah tips dari Akong yang mungkin bisa diterapkan:

 

Pilihlah Universitas Lain Sebagai Backup Plan

Menentukan universitas yang dipilih jangan cuma 1. Tapi pilih beberapa universitas. Semisal 5 universitas, misal 2 negeri dan 3 swasta. Kenapa harus demikian, karena tes masuk universitas itu beda dengan tes masuk smp,sma. Jauhkan kalau anda punya pikiran demikian, jaman sudah berbeda dengan jaman kita. Karena banyak faktor x yang menentukan anak anda bisa diterima masuk universitas. Tidaklah cukup kalau anak anda jenius bisa tembus. Jadi kita perlu ada plan a, plan b, plan c.

Hindari pikiran, kalau saya tidak tembus UI saya tidak akan kuliah, sehingga saya ga akan mau daftar di universitas lain. Malahan, daftarlah sebanyak-banyaknya universitas. Bilamana semisal diterima 5 universitas, baru dirundingkan dalam rapat keluarga, untuk memilih yang terbaik dari yang terbaik. Perlu diingat masuk negeri sangatlah sangatlah sulit. Karena jutaan orang akan tes. Anak anda punya probability 1 dari jutaan orang. Kecil sekali kan hanya 0.000001.

 

Tes Masuk Universitas < UN

Ujian Nasional penting. Namun lebih penting persiapkan anak anda tes masuk universitas. Nilai anak anda 100 semua di semua subject ujian nasional, but anak anda belum tentu bisa menembus UI, UGM atau bahkan swasta favorit yang ada. Tentu anda familiar, dengar kok anak ranking 1 juara umum di sekolah tidak tembus UI, malahan yang juara 10 atau 15 bisa diterima di UI misalnya.

Jadi strategi dibalik, sehingga nomer 1 nya persiapan tes masuk univ, karena dengan mengerjakan materi yang lebih susah dari ujian nasional, harusnya ketika mengerjakan materi UN, akan sangat mudah. Meskipun siapin tes masuk, bukan berarti nilai Ujian Nasional jelek kok. Malah harusnya bagus dan tetap survive.

 

Jangan Berharap Pada Undangan Masuk Universitas.

Jangan terlalu berharap sama undangan. Ingat, anak kita probability-nya 1 dari ratusan siswa di sekolahnya yang bisa dapat undangan. Dan undangan tersebut sistemnya masih belum jelas, masih abu-abu. Nilai bagus di raport belum tentu dapat undangan. Sekali lagi banyak faktor x. Bisa saja ada permainan dalam menentukan undangan ini. Jadi lupakan undangan, dan siapkan tes masuk universitas sebagai plan b kita. Kalau undangan dapat, bersyukurlah.

 

Harus Siap Menghadapi Tes Masuk

Persiapkan tes masuk harus kudu jauh-jauh hari. Semakin jauh hari, makin tinggi probability untuk bisa diterima masuk universitas. Mungkin 1 tahun, 2 tahun, bahkan 3 tahun. Karena belajar butuh strategi, dan rumus-rumus berjibun banyak sekali yang harus diserap hafal perlahan2.

Kalau mepet bagaimana? Tetap bisa, segeralah les intensif semisal tiap hari. Tidak sedikit kami menerima murid dari luar kota yang les intensif beberapa minggu langsung puluhan jam. Kami sangat appresiasi mereka punya ketekadan sangat tinggi, jauh -jauh ke jakarta untuk belajar.

 

Pilihlah Bimbingan Belajar yang Tepat

Tips terakhir, pilih bimbingan belajar dengan benar / teliti. Salah memilih maka akan rugi setahun. Harus menunggu lagi tes berikutnya di tahun depan.

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

Tagged with: ,
Posted in Bimbingan Belajar, Uncategorized
One comment on “Kenapa Sudah Ikut Bimbingan Belajar, Namun Tidak Lolos Tes Masuk Universitas?
  1. Laila says:

    semua murid yang langsung di ajar oleh mas akong atau ada guru yang lain juga ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: