Ini 24 Tips Belajar Inggris Untuk Mahir Berbahasa Inggris Seperti Bule

Banyak Orang Yang Ingin Bisa Berbahasa Inggris

Tahukah Anda untuk mahir bahasa Inggris tuh bukanlah seperti membalikkan telapak tangan saja. Banyak orang yang search di Google.com mencari bagaimana sih supaya bisa mahir berbahasa Inggris. Atau banyak pula yang mencari tempat les bahasa Inggris yang terbaik di mana.

Tidak Wajibnya Bahasa Inggris di Indonesia

Karena sebagai International School tuition in Jakarta, banyak orangtua siswa bertanya, bagaimana sih anak saya supaya cepat bisa mahir bahasa Inggris. Masalah terbesar dalam berbahasa Inggris yakni English di Indonesia bukanlah merupakan first language, ataupun second language, namun hanya dianggap sebagai International language yang dipercaya banyak orang kudu dipelajari karena kelak akan menjadi penting sekali. Berbeda halnya dengan di Singapore, Australia, ataupun British Commonwealth lainnya (Negara persemakmuran Inggris Raya, yang biasanya negara-negara bekas jajahan Inggris), di sana Inggris mayoritas dijadikan first language, digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun di Singapore banyak Chinese, namun Government di sana mewajibkan English sebagai bahasa negaranya untuk memudahkan komunikasi warganya yang multi etnis. Demikian pula Malaysia, yang meskipun bahasa Melayu dijadikan bahasa negara (first language), bahasa Inggris pun diwajibkan harus dikuasai oleh seluruh warganya. Sehingga tidaklah heran bilamana kita lihat orang Malaysia memiliki kemampuan berbahasa Inggris, bahkan kalo kita lihat orang Malaysia banyak yang menguasai multi bahasa selain Inggris, Melayu, India, Mandarin, Bahasa Chinese rumpun Hokian, Cantonese, Tiociu, Khe. Kadang saya sampai geleng-geleng kok bisa seorang Malaysia mempunyai banyak kemampuan berbahasa, meskipun dia bukan merupakan suku / ethnic aslinya.

Berikut ini Mr Akong mau membagi tips belajar Bahasa Inggris supaya bisa mahir berbahasa Inggris:

1. Belajar Grammar

Langkah pertama tentunya belajar grammar atau tata bahasa. Untuk belajar grammar ini cukuplah memakan waktu, karena tenses bahasa Inggris cukuplah banyak. Grammar di sini bukanlah hanya tenses saja, namun banyak sekali trick-trick yang ada dalam bahasa Inggris seperti phrase, clause, dan sebagainya. Kuasailah phrase, karena banyak pembendaharaan phrase semakin tinggi english skill.

2. Menguasai vocabulary

Vocabulary merupakan salah satu kunci sukses berbahasa Inggris. Tanpa tahu vocab mana mungkin kita bisa ceplas ceplos berbahasa Inggris meskipun kita sangat menguasai tata bahasa. Vocabulary untuk siswa pemula seperti baby / balita yang belajar Inggris, mungkin dapat dimulai dengan flash card, atau nonton film kartun berbahasa Inggris.

3. Belajar listening

Cobalah dengan mendengar film-film berbahasa Inggris. Banyak orang UK English agaklah sulit untuk didengar. Dari pengalaman, yang agak sulit untuk didengar aksennya malahan Inggris New Zealand, kemudian UK / Australia, baru American English. Selain film, mungkin bisa dengar CD music. Dengarlah music, dan nyanyilah. Pertama kali Mr Akong belajar bahasa Inggris, belajar lagu Michael Jackson “heal the world”, dengan mudah banyak sekali vocabulary masuk ke otak. Selain itu nonton youtube dengan English subtitle, cukup membantu. Apalagi bilamana punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan bule UK / Amrik / Australia sehingga langsung live listening. Biasanya face to face listening demikian lebih fokus attensi kita. Mendengar radio BBC news pun sangat membantu.

4. Belajar ngomong / conversation

Ketika mendengarkan film-film berbahasa Inggris, cobalah untuk sambil ngomong sendiri bahasa Inggris tersebut. Tentunya Tata bahasa+vocabulary yang sudah dikuasai, sangat membantu untuk mulai bicara bahasa Inggris. Terkadang, cobalah untuk berbicara sendiri, seperti membuat pidato perkenalan diri sendiri, atau buatlah conversation presentasi suatu masalah, anggaplah di depan anda banyak audience yang sedang mendengarkan anda. Pertama kali Mr Akong belajar bahasa Inggris, mendapatkan ilmu dari ii saya bahwa harus latihan berbicara menggunakan cermin. Ngomonglah dengan diri sendiri.

5. Ikut English Club Conversation

Carilah komunitas English club conversation, dimana setiap anggotanya berkumpul dan berbicara dalam bahasa Inggris. Seorang anggota dipaksa menjadi MC untuk lead acara, otomatis akan memaksa seseorang tersebut berkomunikasi dengan audience nya. Keluarlah cas cis cus, karena keterpaksaan tersebut. Harus ada guru pembimbing dalam club tersebut. Native speaker is better. Dalam club tersebut perlunya adanya open discussion, dimana dibahas suatu topik, dan setiap audience wajib melontarkan pendapatnya. Janganlah hanya beberapa audience yang menjadi majority ngomong inggrisnya.

6. Gunakan Social media seperti facebook / twitter

Tulislah status dalam bahasa Inggris. Tulislah artikel mengenai bahasa inggris meskipun inggrisnya berantakan. Perbanyak teman dari negara lain seperti british commonwealth, India, Amrik, dll, dan chat lah dengan mereka. Mau gak mau, akan buka kamus, kalo bingung mau nulis apa. Kalau sudah berteman dengan bule tersebut, undanglah bule tersebut ke Indonesia, atau anda ke negaranya, bertemulah dan jalin komunikasi dengannya.

7. Teleponlah.

Cobalah telepon ke customer service di negeri British Commonwealth. Kalo telepon interlocal mahal, mungkin selagi anda jalan2 semisal anda lagi ke Singapore. Cobalah dengar, apa yang mereka katakan. Sulit bukan? Namun jangan kuatir, teruslah telepon berkali-kali. Sebanyak2 nya. Semakin banyak anda telepon semakin anda pe de dan semakin anda mahir untuk berbahasa Inggris. Karena via telepon berbahasa Inggris cukuplah sulit.

8. Komunikasi yang murah gratis dengan skype.

Teleponlah teman kenalan anda yang bule di luar negeri sana dengan skype. Latihan berbicara direct conversation.

9.Ikut les kelas conversation.

kalo bisa yang pakai native speaker. Kalau gak ada, pakailah guru yang lulusan luar negeri (dari negara British commonwealth, jangan dari negara bukan british commonwealth semisal dari negara Afrika, Jerman, Italy, dsb, karena aksen inggris sangat diperlukan sekali)

10. Ikut homestay.

Cari Homestay yang landlord nya  bule, jangan yang Asia. Banyak homestay yang landlord nya kakek2 nenek2, ok lah. Malah bagus, karena mereka akan selalu available di rumahnya, sehingga si anak akan selalu berkomunikasi dengan mereka. Kalau orang kerjaan, mereka biasanya pulang sore/malam, sehingga komunikasi inggris dengan tuan rumahnya biasanya dimulai di sore hari/pagi hari saja. Ikut homestay akan memaksa si anak untuk ngomong bahasa Inggris. Mungkin yang anaknya belum bisa berbahasa Inggris, akan pakai bahasa tarzan, namun jangan salah, dengan bahasa tubuh tersebut akan mempercepat belajar bahasa Inggris pula. Ada beberapa orang bilang homestay useless, kok anak saya homestay inggrisnya masih biasa-biasanya? Kenapa demikian? Kalo dianalisa, biasanya homestay dengan rentang waktu yang sangat pendek kuranglah efektif. Yang bagus mungkin 3 bulan. Saya memiliki tante yang tidak bisa berbahasa Canton sama sekali. Kemudian dia pergi dan tinggal di Hongkong selama 3 bulan, dengan beraninya. Namun setelah 3 bulan, dia sudah sangat jago sekali berbicara kanton. Bahasa kanton yang demikian sulitnya dapat dipelajari dalam 3 bulan. Jadi hanya dengan homestay berdurasi 1 minggu / 1 bulan sepertinya sedikit kurang efektif. kalo bagus agak lamaan. Namun biasanya terkendala jadwal masuk sekolah, biasanya liburan sekitar 1 bulanan.

11. Sering jalan2 keluar negeri (negara british commonwealth).

Mungkin jadi backpacker, ga usah ikut tour. Dengan sering jalan2 demikian, anda akan dipaksa untuk ngomong. Berkomunikasi dengan customer service hotel, ngobrol dengan orang di jalanan, nanya2 petugas MRT kalo nyasar, dsb. Jadilah tarzan di hutan belantara, sehingga bisa ngomong dengan harimau, gajah dsb. Tarzan aja bisa ngerti bahasa binatang, bagaimana dengan anda. Kegagalan terbesar anda tidak berbahasa inggris karena anda takut untuk berbicara dengan bule, meskipun grammar anda bagus, namun secara psikologis anda kalah set dengan bule lawan bicara anda. Lihat bule, psikologis langsung ciut. Hal ini tidak boleh terjadi, harus segera diperbaiki

12. Baca koran atau majalah berbahasa inggris.

Mungkin bisa beli Jakartapost, beli Time Magazine, The straittimes, dll. Baca, kalo ga ngerti, buka kamus, dan artikan. Sediakan buku setebal kamus, untuk taruh word yang tidak tahu. Hafalkan. Lakukan tiap hari.

13. Buat Essay setiap hari. Ketiklah essay sekitar 300-400 words. Mintalah pendapat guru bahasa Inggris untuk dicek dan dinilai. Ada trick supaya essay bagus. Bilamana kalau essay sudah bagus. Buatlah paper sekitar 6-7 halaman dikasih due date dalam 1 minggu.

14. Scanning reading. Belajarlah scanning reading, semisal baca 10 buku setebal bantal setiap hari, namun tidak perlu semuanya dibaca, namun carilah main point. Hal ini diperlukan sebelum membuat suatu essay ataupun paper.

15. Perbanyak teman dari negara lain. Mungkin dari India, Malaysia, Philipine, Korea, Jepang, China, Hongkong, dll, cobalah dengan aksen bahasa Inggris mereka. Anda harus tahan banting untuk bisa mengerti logat mereka. Banyak yang bilang, bahasa Inggrisnya orang India dan Singapore agak sulit karena ada nadanya. Namun anda harus coba mengerti bahasa yang mereka ucapkan sehingga anda akan jago sekali.

16.Grammar jelek no problem. Beranikan diri ngomong meskipun grammar banyak yang salah. Yang terpenting vocab dikeluarkan dari mulut. Dari banyaknya salah tersebut lama-lama diperbaiki. Akhirnya jadi bagus. Banyak rumor / phenomena yang mengatakan bahwa inggrisnya orang India grammarnya kurang bagus, namun mereka sangat berkemampuan untuk berbicara. Hal tersebut tidaklah benar, karena banyak yang bagus pula. Sehingga terpenting jangan malu2, beranikan diri untuk berbicara meski grammar banyak error.

17. Untuk orangtua yang memiliki toddler atau bayi balita, perlunya bimbingan peranan orangtua di rumah. Meskipun kemampuan inggris orangtua kurang, janganlah berkecil hati. Ajarilah anak kita dengan vocab-vocab sederhana yang sudah diketahui, seperti monkey, apple, dll. Pendidikan bahasa sejak dini, semakin banyak bahasa yang dikuasai balita, semakin tinggi IQ yang dimilikinya. Terkadang kita ajarin balita, mereka diam / acuh tak acuh. Diam bukan artinya ga mengerti. Namun mereka lagi menyerap apa yang anda katakan /ajarkan. Kalau mereka bosan, sangatlah mudah, TV cable seperti Disney Junior, dsb tentunya akan sangat menarik minat balita untuk belajar bahasa inggris.

18. Pakailah internet, seperti yang dimention sebelumnya kita bisa liat koran berbahasa inggris. Sekarang banyak sekali koran / majalah berbahasa inggris yang gratis di internet, seperti Channel NewsAsia, newyork times, nzherald, the jakarta post, the straittimes, bloomberg, dll. Bacalah journal-journal yang banyak dikasihkan secara free. Bahkan kita juga bisa menggunakan online streaming live TV berbahasa inggris gratis.

19. Faktor terpenting berbahasa inggris yakni lingkungan. Maksudnya? Bilamana si anak mau kuliah di Australia, namun si anak masuk sekolah dengan banyak orang Asia, maka tentunya anak tersebut inggrisnya akan kurang bagus. Jadi yang terbaik si anak harus dimasukkan ke sekolah dengan full bule, sehingga si anak tersebut akan jadi balita yang baru lahir di tengah-tengah bule-bule yang berbicara bahasa inggris semua, seperti halnya tarzan yang lahir di tengah macan, gorilla dll. Jadi bilamana anak kita kita sekolahkan di sekolah international, maka kita harus berbahasa inggris dengan si anak dalam kehidupan sehari-hari.

20. Belajar bahasa Inggris di negeri British Commonwealth. Tentunya sangat membantu sekali dengan live studying.

21. Belajar di Bimbel bahasa Inggris. Tentunya untuk cepat berbahasa Inggris, siswa harus les bahasa Inggris terlebih dahulu, untuk mempelajari grammar, listening, conversation, and writing. Dimana agaklah sulit untuk autodidact belajarnya.

les bahasa inggris di jakarta

les bahasa inggris di jakarta

22. Bilamana anda sudah cukup expert, biasanya anda perlu upgrade English Skill anda dengan belajar bahasa Inggris tingkat lanjutan seperti IELTS, TOEFL, SAT, SAT subject, GMAT, GRE, LSAT, ACT dll. Belajar materi lanjutan tersebut anda perlu les. Karena tingkat kesulitannya sangat tinggi. Perlunya ada bimbingan khusus. Terlebih untuk orang yang punya kebutuhan khusus, seperti sedang melamar PR permanent resident / green card , atau sedang mau mendaftar sekolah di luar negeri / kuliah di luar negeri.

23. Sekolahlah di sekolah International. Dimana bobot materi bahasa Inggrisnya aduhai banyak. Sehingga so pasti inggrisnya sangat cepat increased.

24. Kalau semua tips di atas tersebut masih belum mempan juga gimana Mr Akong? Punya pacar bule🙂. Sepertinya joke… Namun dengan memiliki pasangan bule, si orang tersebut layaknya seperti orang baru lahir, belajar bicara. Nunjuk-nunjuk ke piring, trus bulenya bilang it’s plate. Lama-lama dengan bahasa tubuh tersebut karena jalinan komunikasi 2 arah secara langsung, bahasa Inggris mudah dipelajari.

Demikian ke-24 tips supaya mahir berbahasa Inggris semoga bermanfaat.

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Posted in international school tuition, international school tuition in jakarta, international school tutor in jakarta, Les Bahasa Inggris, Les Gmat, Les IELTS, les Inggris, Les International School, Les Pelajaran International School, Tips
One comment on “Ini 24 Tips Belajar Inggris Untuk Mahir Berbahasa Inggris Seperti Bule
  1. isro17 says:

    Terima kasih atas tips-tipsnya dan salam kenal Mas Akong.🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: