Ini Tips Menghadapi Cambridge IGCSE Exam 2014

create_thumbIGCSE sudah dekat. Nampak puluhan murid yang join program les IGCSE / IGCSE tuition di Bimbel Akong Jakarta, mereka super sibuk mempersiapkan test Cambridge ini selain kakak kelas mereka yang join program les A Level.

Ada beberapa tips sukses menghadapi tes Cambridge IGCqSE dengan ikut IGCSE Tuition in Jakarta:

1. Semua catatan rumus harus segera dibuat / dilengkapi menjadi 1 buku.

2. Catatan tersebut bukan hanya dicatat, namun hurry up dihafal mentok tanpa tawar-menawar. Dan ga ada kata tunggu besok aja baru dihafal. Hafal rumus diyakini Mr Akong kontribusi 90persen ke nilai murid

3. Proses belajar tidaklah seperti disulap, hari ini belajar besok bisa. Namun perlu latihan secara teratur. Kalau sudah hafal mentok catatannya, segeralah aplikasikan kerjain soal.

4. Mengerjakan soal Cambridge pun tidaklah semulus yang dikira. Banyak sekali pastinya soal-soal yang tidak bisa dikerjakan, karena level soal sangatlah susah. Buat 2 plan, yakni plan A dan plan B. Plan A, yakni untuk pengerjaannya yang terbaik dari soal-soal yang level termudah, terus menanjak ke soal-soal dengan level susah secara berurutan. Namun bilamana dirasa masih kurang menguasai, segera pindah ke Plan B, yakni mengerjakan soal-soal dengan by topics, namun harus dipikirkan keterbatasan waktu yang ada harus dipertimbangkan dengan matang. Adapun plan C bilamana dianggap perlu, materi-materi yang belum dikuasai harus dibahas terlebih dahulu, sebelum mulai mengerjakan soal-soal campuran.

5. Kumpulkan soal-soal yang susah yang tidak bisa dikerjakan dalam 1 buku soal-soal susah, yang kemudian bisa direview. Kemudian bawalah soal tersebut kepada guru sekolah minta untuk dibahas. Bilamana merasa canggung pada guru sekolah, ataupun bilamana merasa penjelasan guru sekolah masih kurang jelas, mungkin karena kurang pintar mengajar, tanyakanlah kepada guru les. Karena biasanya komunikasi dengan guru les lebih lancar daripada dengan guru sekolahnya.

6. Buku soal latihan haruslah tebal sekali, dimana supaya mencegah hilang-hilangnya buku. Kalau bisa buku soal latihan tersebut bisa mencakup pelajaran selama 4 tahun, sangat direcommanded, karena berdasarkan pengalaman pengajar, hasil siswa dengan management buku yang bagus berkali-kali lipat daripada siswa dengan management buku ala kadarnya (pakai kertas file / buku tipis).

7. Pengerjaan harus menggunakan pena, karena akan melatih kepercayaan diri. Kalau salah tinggal coret saja. Era sekarang ini, pengajar kadang bingung juga, masa sudah SMA 3 masih pada pakai pensil pengerjaan soalnya. Hal tersebut sebenarnya secara psikologis memupuk rasa ketidak percayaan diri. Karena adanya budaya menghapus. Sehingga pas ketika ulangan beneran, si siswa takut sekali untuk salah. Sebenarnya sangatlah penting untuk mengajar siswa untuk berani untuk salah. Kekeliruan tersebut sepertinya dibiarkan di era sekolah jaman sekarang. Dapatlah kita lihat zaman dahulu, SMP saja wajib pakai pen.

8. Leslah jauh-jauh hari sebelum Cambridge IGCSE Exam. Karena otak kita bukanlah sempurna. Karena butuh waktu untuk menyerap secara perlahan-lahan. Otak semua manusia sama diciptakan Tuhan. Tidak adayang bodoh, tidak ada yang pintar. Yang pintar hanya kebetulan, karena orang tersebut rajin, dan beruntung, selain faktor genetik, namun IQ pun tetap bisa dinaikkan angka nya bukanlah suatu yang fix selalu sama dari satu periode ke periode yang lain. Jangan pernah ada sistem kebut semalam karena kurang efektif. Karena ujian Cambridge IGCSE mayoritas isian jadi harus paham sekali. Banyak ortu yg baru mau les ketika si anak sudah ‘ICU’ ketika 4 ulangannya berturut2 hancur. Untuk ngejarnya sulit sekali. Malah si anak terancam ga naek.

9. Carilah guru les yang benar-benar expert di bidang Cambridge IGCSE tuition in Jakarta. Murah bukanlah segala-galanya. Karena anak yang orang tua invest nilainya jutaan rupiah dalam 1 bulan untuk  uang sekolahnya. Kalau nilai IGCSE Cambridge nya jelek, maka si anak akan susah untuk mendapatkan College ataupun Universitas yang bagus, bahkan bisa ditolak di mana-mana. Terlebih malah bisa ga naik kelas sehingga rugi ratusan juta rupiah uang pangkalnya. Jadi harus pilih les international school yang bagus. Tips untuk mencari guru les Cambridge IGCSE tuition in Jakarta yang bagus,yakni harus dilihat educational background, dan juga working experience si pengajar. Lihat lulusan mana si pengajar. Dan terpenting bilamana lulusan luar negeri sangatlah beneficial karena tidak akan ada masalah dalam berbahasa inggris. Working experience apabila pengajar pernah bekerja di bidang engineering, dalam hal ini langsung praktikal, hal ini sangat membantu dalam pelajaran fisika dan chemistry, dibanding pengajar yang tidak memiliki working background dari engineering ataupun hanya tahu teorinya saja. Cara yang paling mudah carilah bimbel yang paling banyak international school studentsnya terlebih bila terdiri dari berbagai macam sekolah, tidak didominasi hanya 1 sekolah yang dekat bimbingan belajar. Contoh akong bimbel yg memiliki ratusan siswa international dari berbagai penjuru di jadebotabe bahkan luar kota seperti bandung cirebon lampung dsb dan juga dari luar negeri. Jam terbang mengajar pun harus diperhitungkan ortu.sebagai contoh pilot dengan jam terbang yang tinggi memiliki resiko jatuh yg sangat kecil. Demikian pula guru les dengan jam terbang mengajar  cambridge yg tinggi seperti di bimbel akong yg sudah hampir 20tahun memiliki tingkat nilai bagus lebih tinggi dari bimbel lain. Banyak ortu yg mencoba mengajar anaknya swadaya, namun hasilnya tak kunjung baik.dikarenakan memang bukan bidangnya untuk mengajar.serta  experience dominant role untuk sukses.

10. Sekali lagi faktor buku pedoman. Sepintar-pintarnya guru les tanpa memiliki buku pedoman yang bagus alhasil jelek/ tidak maksimal. Di bimbel akong yang memiliki ribuan buku panduan latihan setara ulangan kiranya merupakan value added sebagai tuition center in jakarta serta didukung perangkat yg memang cambridge oriented sehingga ketepatan belajar siswa tepat sasaran. Banyak guru les yg ajarin muridnya pakai materi kurikulum nasional padahal siswa kurikulum  cambridge sehingga hasilnya tidak maksimal malahan jadi jelek hasilnya. Seperti halnya isuzu phanter diesel dikasih bensin.

11. Let’s pray. Manusia berusaha, Tuhan yg menentukan.meski demikian usaha harus maksimal,harus orientasi belajar.Semua gadget, computer,bb harus bb off atau dikandangkan.tv harus di extra c ontrol. Alat2 tersebut penyumbang terbesar kemerosotan nilai siswa. Hal ini sudah dibuktikan. Coba anda perhatikan siswa sd sampe kelas 6 sd tidak pernah pegang smartphone. Pas smp 1 setelah naik kelas dibelikan samsung / iphone  coba deh anda liat grafik hasil belajar naik / turun? Turun bukan! Karena siswa sekarang smartphoneholic eranya kecanduan smartphone yg menyita sebagian besar waktu belajar mereka menjadi berkurang drastis. Hal demikian sama dengan laptop dengan alasan belajar / kerjain soal namun lagi chatting or sosmed. Jadi perlunya ortu kontrol hal2 tersebut.

Bila 11 tips tersebut diikuti maka niscahaya hasil Cambridge IGCSE Exam maksimal, selamat mencoba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Bimbingan Belajar, Cambridge tuition in Jakarta, Les Cambridge, Les IGCSE, Les International School, Testimoni, Tips, Tuition Center in Jakarta, Tuition in Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: