Sekolah Apa Sih Yang Paling Bagus Di Jakarta Tahun 2014?

Seperti posting sebelumnya, banyak orang tua sangat antusias menanyakan ranking sekolah di Jakarta, oleh karenanya, dalam kesempatan ini, Kami ingin membagikan informasi juara 10 besar SMP di Jakarta sekalian mengulasnya, antara lain sebagai berikut:

1. SMP SMABEL, Tebet

SMP SMABEL ini atau SMPN 115 terletak di Tebet. SMABEL merupakan SMP Negeri paling favorite untuk seluruh masyarakat Jakarta. SMABEL ini memang sudah terkenal dari jaman dahulu memegang kendali ranking 10 besar Jakarta, berganti-gantian dengan Kanisius, Labschool, dan BPK Penabur. Kelebihannya, ada rumor yang menyatakan, untuk mudah masuk SMAN 8, masuklah dulu ke SMABEL. Jadi SMABEL tiket masuk untuk masuk SMAN 8. Seperti pada pembahasan pertama, SMAN 8 merupakan SMA Negeri favorite masyarakat Jakarta, dikarenakan kemudahan untuk masuk UN, tingginya persentase jumlah murid SMAN 8 masuk UI atau ITB dibandingkan dengan murid dari sekolah lain.Sebelumnya SMABEL menerapkan kurikulum RSBI, namun tahun ini setelah RSBI dilarang SMABEL kembali menerapkan kurikulum nasional.Uniknya SMABEL dan SMAN 8 sekolahnya bertetanggaan, karena berada di Tebet, Jakarta Selatan.

2. SMP Labschool Kebayoran

SMP besutan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) ini yang berlokasi di Jakarta Selatan memang sangat berprestasi. Untuk masuk ke Labschool ini pun sangatlah sulit karena ribuan siswa Jakarta ingin sekali masuk SMP Labschool ini. Di dalam Labschool ini ada kelas percepatan (akselerasi). Dari segi pelajaran, pelajaran sekolah ini untuk kelas reguler, relatif sangat cepat, dengan menggunakan 2 guru matematika yang membahas 2 topik yang berbeda.

3. SMP Kanisius Kolose Menteng

SMP full pria ini merupakan SMP yang paling disiplin. Jangan sekali-sekali nyontek di sekolah ini, karena selain dapat 0, kalau nyontek pasti langsung dikeluarkan dari sekolah ini, tanpa basa basi lagi, karena pada waktu pertama kali masuk sekolah, orang tua murid, serta murid membuat surat pernyataan perjanjian tidak menyontek. Bagi murid yang kelebihan berat badan, tiap pagi harus lari keliling sekolah, ditongkrongin oleh guru. Untuk soal-soal pelajarannya ehm relatif sangat susah. Sekolah ini merupakan sekolahnya Fauzi Bowo (Mantan Gubernur) dan Ade Rai.

4. SMP K2 BPK Penabur, Jalan Pembangunan

Berlokasi di kota, dekat sebelah Gajah Mada Plaza. SMP K2 ini merupakan SMP paling bagusnya BPK Penabur di seluruh Jakarta

5. SMP Negeri 49, Jalan Raya Bogor

SMPN 49 ini mengalami peningkatan mutu yang luar biasa, naik ranking sekolahnya dari ranking 10, menjadi ranking 5.

6. SMP K8 BPK Penabur, Tanjung Duren

SMP K8 BPK Penabur ini merupakan SMP BPK Penabur International Tanjung Duren. SMP K8 merupakan satu-satunya sekolah international yang menerobos masuk ranking 10 besar Jakarta. Di kelas 1 dan 2 SMP para murid diajarkan kurikulum Cambridge IGCSE. Kelas 3 SMP semester 1, mereka masih belajar IGCSE dan diselipkan materi UN (Ujian Nasional) sedikit. Pada waktu semester 2, bobot belajar UN (Ujian Nasional) sangat tinggi. Bisa dibayangkan hanya dalam rentang 6 bulan, SMP K8 BPK Penabur ini  harus mempelajari pelajaran UN (Ujian Nasional) pelajaran 3 tahun (kelas 1 hingga kelas 3 SMP), namun demikian, hasilnya cukup memuaskan menempatkannya di ranking 6 Jakarta. Beratnya SMP K8 BPK Penabur international Tanjung Duren ini, yakni setelah selesai UN (Ujian Nasional) mereka harus langsung menghadapi Cambridge Exam (IGCSE) di bulan November. Sehingga dapat dikatakan selesainya relatif lebih cepat daripada sekolah international yang lain.

7. SMP K7 BPK Penabur Sunrise Garden /Surya Gardenia

SMP ini terletak dekat jalan Panjang, dekat Taman Ratu / Green Ville / Green Garden. Sekolah Penabur ini sangat difavoritkan masyarakat Jakarta karena banyak prestasi akademik seperti OSN, kompetisi matematika, dll.

8. SMP Katolik Santa Ursula (Sanur Lapangan Banteng)

Kalau dengar kata Sanur, terbesit SMA Sanur yang merupakan ranking 1 Jakarta sekarang ini. Kalau mau masuk SMA Sanur, sangatlah lebih mudah masuknya melalui jalur SMP Sanur. SMP Sanur pun merupakan SMP khusus wanita. Meskipun sekolah Katolik di Sanur ini, uniknya semua pelajaran agama ditelaah. Ada rumor, di sekolah ini tidak membeda-bedakan kelas sosial, terkadang anak supir taksi / metromini pun bisa bersekolah di sini.

9. SMP Kristen IPEKA Puri

Sukses di SD IPEKA Puri yang masuk ranking 1 Jakarta, SMP IPEKA Puri pun masuk 10 besar Jakarta. Soal ulangan harian IPEKA Puri dikategorikan sangat sulit seperti halnya Kanisius Kolose.

10. SMP Labschool Jakarta

SMP Labs ini bisa disebut juga SMP Labschool Rawamangun. Sukses Labschool membawa 2 sekolah masuk dalam top ten ranking sekolah di Jakarta.

Dengan melihat ranking sekolah tersebut (data diambil dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta), maka orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya dari SD kelas 6 menuju SMP yang diinginkan, dapat mendapatkan gambaran yang cukup jelas untuk mendapatkan yang terbaik untuk buah hatinya. Ranking sekolah tersebut tidaklah terlepas dari anak didik di sekolah yang juga mengikuti berbagai les privat / bimbel (bimbingan belajar), ataupun berbagai les seperti les UN (Ujian Nasional), maupun les SBMPTN / Les simak ui. Sehingga kesuksesan ranking sekolah tidaklah lepas dari peranan pihak ketiga tersebut.

Untuk ranking sekolah International, tidak bisa kita bilang bahwa SMP BPK Penabur International Tanjung Duren sebagai the best nya International School di Jakarta, karena banyak sekolah International yang tidak mengikut sertakan muridnya dengan UN (Ujian Nasional) kurikulum nasional. Pemeringkatan ranking sekolah International didasarkan parameter hasil Cambridge Exam / IB Exam / HSC Exam / AP Exam. Sehingga kita juga tidak bisa bilang SMP SMABEL bila di compare dengan sekolah International, menangan SMABEL. Karena dari pengalaman mengajar, dilihat tingkat kesulitan untuk International School lebih tinggi daripada sekolah nasional pada umumnya. Sebagai contoh, untuk soal SD International School saja, banyak murid SMP sekolah nasional tidak dapat mengerjakannya. Sehingga orang tua dalam memilih sekolah SMP yang tepat harus mempertimbangkan banyak hal.

Bagaimanapun juga, not to mention sistem pendidikan di Indonesia masih jauh terbelakang daripada negara lain. Tidak perlu jauh-jauh jika kita compare dengan negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, Philiphine, Hongkong, dll. Oleh karenanya perlunya back up tambahan untuk buah hati kita. Mereka perlu les tambahan seperti pelajaran Les International School di Bimbel Akong, supaya kelak mereka punya pegangan hidup dan mampu berkompetisi dengan pekerja-pekerja asing dari Korea, Jepang, Bule, China, Singapore, dll yang dalam hitungan beberapa tahun akan membanjiri Indonesia di alam Free Trade Asean maupun Asia Pasifik. Apakah anak anda akan menjadi atasan, atau malah jadi bawahannya mereka kelak?

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Posted in Bimbel, Bimbingan Belajar, Les AP, Les Cambridge, Les IB, Les IB (International Baccalaureate), Les IGCSE, Les International School, Les Pelajaran IB (International Baccalaureate), Les Pelajaran International School, Les Privat, les private, Les SBMPTN, Les SIMAK UI, Les Ujian Nasional, Les UN, Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: