Inilah Tips Menghadapi Ulangan Umum

Inilah Tips Menghadapi Ulangan Umum

Dalam program bimbel Akong, anak-anak akan diajarkan oleh guru les berpengalaman untuk mata pelajaran fisika, matematika, dan kimia

Tak terasa bulan Desember hampir tiba. Baru saja, anak anak International School berkurikulum Cambridge menyelesaikan Ujian Cambridge IGCSE / Ujian Cambridge O Level / Ujian Cambridge AS Level / Ujian Cambridge A Level.

Mendekati bulan Desember ini murid-murid sekolah di seluruh Indonesia baik sekolah nasional maupun international terlihat sangat tegang, karena akan menghadapi ulangan umum yang biasanya jatuh seminggu sebelum Desember ataupun 1 minggu di awal Desember. Bukan hanya anak-anak saja yang tegang, orangtua pun tak kalah tegangnya. Tolong artikel ini dishare ke temen teman atau saudara bilamana orang tuanya atau si murid stress berat.

Mereka kadang lebih stress dari anak-anaknya, sedangkan anak mereka santai. Terlebih anak-anak memiliki ulangan pertama jelek, ulangan kedua jelek, ulangan ketiga jelek, dan sekarang akan menghadapi ulangan umum. Kalau kurang baik, mungkin dapat tidak naik kelas deh. Seperti yang sudah kita ketahui, bobot nilai ulangan umum biasanya besar sekali porsinya biasanya bisa mencapai 50 hingga 70 persen nilai raport, namun ini juga bergantung kebijaksanaan masing-masing sekolah yang menerapkannya.

Dengan melihat bobot 70 persen tersebut dapat dibayangkan hanya dengan 1 ulangan saja yakni ulangan umum, pengaruhnya sangat dahsyat untuk raport, mungkin bisa dikatakan setara dengan 3 atau 4 nilai ulangan harian.Bila anak-anak memegang kendali di ulangan umum, otomatis nilai raportnya bisa diselamatkan, alias naik kelas. Orangtua akan pusing sekali, bilamana si anak nilainya di bawah standard, ataupun nilai pas-pasan. Kalau pas-pasan, ngeri juga, karena resikonya 50-50, kalau ulangan umum jelek, yah nilai raport pasti hancur.

Ada 7 tips jitu menghadapi ulangan umum:

Hentikan Semua Aktivitas Yang Menghambat

Hentikan semua aktivitas anak-anak yang tidak perlu selama bulan November, seperti main basket, ballet, ice skating, nyanyi, karate, dll. Sehingga si anak bisa menyimpan tenaga untuk menghadapi ulangan umum. Dengan banyaknya aktivitas fisik, akan membuat si anak kelelahan, terlebih pulang sekolah sudah sore, trus ballet, trus belajarnya malam. Mana mungkin bisa masuk otak, karena sudah kelelahan.

Jauhkan Dari Berbagai Benda Yang Menghambat

Karantina berbagai macam barang yang bisa merusak konsentrasi anak anak belajar, seperti playstation, laptop, handphone (termasuk di antaranya android smartphone, blackberry, tablet, ipad). Pembatasan penggunaan barang tersebut dilonggarkan di hari sabtu saja atau minggu saja. Serba susah ortu jaman sekarang yang serba HI-TECH, ga dikasih, nanti anak bilang jadi GAPTEK. Kalau dikasih, MERDEKA. Terkadang anak anak pintar, bilang  untuk browsing internet, chatting skype, laptop untuk tugas, namun  facebook, twitter, so orang tua harus lebih smart lagi, apakah menggunakan camera pengintai.

Berdasarkan suatu survey, alat-alat canggih tersebut ternyata punya andil terbesar dalam mempengaruhi hasil belajar anak anak, karena mereka waktunya tersedot dengan media jejaring sosial chatting yang menghabiskan waktu berjam-jam, ataupun main laptop browsing / facebookan / update twitter sangat lama, atau lebih parah lagi main game yang menyedot memori otak, dimana otak lama lama kelelahan dan si anak akan enggan untuk belajar lagi (karena memorinya sudah diperas di dunia maya untuk memenangkan suatu kompetisi).

Analoginya, kalau computer harddisk memorinya sudah kepenuhan, maka komputer akan hang, demikian pula otak demikian bilamana memori otak sudah diperas bermain game / browsing / facebook Internet, maka otak akan kelelahan dan sulit belajar / sulit masuk otak bahan yang akan dipelajari. Ada research di salah satu universitas ternama di Amerika yang mempelajari hubungan pemakaian komputer untuk game / browsing yang berlebihan dengan tolak ukur IQ, dimana ditemukan hubungannya berbalik nilai (inverse proportion)

Cari Bimbel Yang Terpercaya

Hal yang ketiga adalah mencari bimbel terpercaya. Terkadang orang tua agak sukar mengajar anak anaknya. Terkadang sampe stress ngajarin anak, sampai teriak teriak, sampai dadanya sakit. Bilamana demikian, Anda harus menyerahkan tugas tersebut ke Bimbel yg terpercaya yang memang spesialis sudah termanage untuk menangani anak anda secara psikologis.

Sehingga anak anda tidak akan stress, namun ilmu dapat masuk melalui bimbel. Bimbel akan me-manage waktu belajar si anak. Bilamana sebelumnya guru les tidak sanggup untuk menaikkan nilai si anak, malah si anak makin merosot saja, maka orangtua harus mencari bimbel pengganti untuk mendongkrak nilai anak tersebut di bulan November dan Desember.

Yang berkaitan dengan belajar tes seperti Nanyang, NUS, SAT, SAT Subject, ACT, GMAT, GRE, IELTS, TOEFL, memang untuk mempelajarinya wajib ikut Les Nanyang, Les NUS, Les SAT, Les SAT Subject, Les ACT, Les GMAT, Les GRE, Les IELTS, Les TOEFL dimana memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan (paling cepat 1 bulan). Sehingga Orangtua harus well prepared, mencari bimbel terpercaya yang menyediakan program belajar sesuai dengan schedule tes yang sudah ditetapkan dan yang terpenting murah harganya.

Untuk mencari bimbel terpercaya, cukup mudah, silahkan klik saja http://www.google.com, kemudian pencet keyword “les matematika”, dan carilah urutan paling atas. Biasanya urutan paling atas memiliki rating pencarian paling tinggi di Indonesia, dan biasanya high quality. FYI, biasanya guru les private yang datang ke rumah-rumah agak diragukan competence nya, biasanya gak terlalu laku sehingga datang ke rumah-rumah. Sehingga disarankan untuk mengikuti Bimbel yang memang sudah exist / stay in one place.

Perbanyak Waktu Les / Kursus Belajar

Jika biasanya anak les seminggu 2 kali, maka ketika bulan November dan Desember waktu les harus diintensifkan apakah menjadi tiap hari bilamana nilai si anak sangat minim atau pas pasan, apakah menjadi seminggu 4x atau 3x. Yang penting strategi bagaimana cara mendongkrak nilai secepat mungkin di dalam hitungan minggu atau hari. Hal ini dipercaya cukup ampuh untuk mendongkrak nilai. Time is money

Monitor Kegiatan Belajar Anak

Di dalam bulan November Desember ini. Siapa tahu anak anda disuruh belajar, kemudian di bukunya terselip komik (banyak sharing murid ke saya mengenai hal tersebut). Monitor apakah anak-anak mengerjakan tugas / PR sehingga bisa dikumpulkan tepat waktu. Terkadang Assignment (tugas) yang diberikan sekolah International ke murid bernilai sebagai nilai ulangan. Sehingga Assignment tersebut tidak boleh telat dikumpulkan, dan harus dikerjakan sebaik-baiknya dikarenakan bulan November bulan akhir sebelum Ulangan Umum biar dapat membantu mendongkrak nilai.

Sediakan Plan B

Tak kurang penting, sedia payung sebelum hujan. Bilamana nilainya sulit dinaikkan, jangan putus asa. Siapkan Plan B, yakni selama bulan Desember-Januari selama liburan sekolah, anak-anak diwajibkan ikut bimbel intensif dimana mengejar pelajaran beberapa bab di muka (sebagai contoh belajar 6 chapter matematika di muka, jadi sebelum guru mengajar nantinya di bulan Januari hingga juni, si murid sudah mengerti terlebih dahulu, alhasil si murid akan memegang kendali di kelas, atau at least tidak akan kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah).

Konsep Bimbel intensif selama liburan sudah terbentuk hampir 18 tahun di Bimbel Akong dalam mencetak juara, dimana dapat dilihat selama bulan Desember dan Juni puluhan anak-anak yang bersekolah di negara lain seperti Singapore, Amerika, Australia, Canada, UK, Korea, Malaysia, European Union (Germany, Swiss, dll), dan juga anak anak dari luar kota seperti Aceh, Manado, Semarang, Surabaya, Jogya, Solo, Bali, Batam, Pontianak, Medan, Belitung, dll berdatangan les di Bimbel Akong, selain murid murid lain dari Jadebotabek mengejar pelajaran ½ tahun di muka

Perbanyak Asupan Bergizi

Banyak berdoa dan jaga kesehatan dengan menjaga asupan makanan. Banyaklah makan minyak ikan, dimana dipercaya meningkatkan IQ anak, serta makan ikan (seperti salmon dsb). Dilarang bergadang, atau sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) dimana hasilnya high risk sekali.

Banyak kejadian orang tua yang kalau belum dekat dengan ulangan umum, anaknya tidak dileskan. Namun kalo mau ulangan umum baru les. Apakah ini salah? Sulit untuk menjawabnya. Analoginya begini, kalau sudah dekat dengan ulangan umum, otomatis materi yang harus dipelajari sudah menumpuk, jadi si guru les akan kesulitan menerangkan semua materi dikarenakan waktunya yang sangat sempit, demikian pula si murid akan berat menerima beban yang sedemikian besar hanya dalam 1 bulan. Namun demikian hal ini masih bisa dikonsultasikan dengan Bimbel Akong yang sudah expert akan hal ini.

Nah dari 7 tips tersebut, tinggal Anda mensiasatinya dan bisa diterapkan, semoga hasilnya cukup memuaskan.

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Posted in Les A Level, Les IGCSE, Les International School, Les O Level, les private, Les Sat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mengenal Ricky Sugiri (Akong)
ricky sugiri

ricky sugiri

Ricky Sugiri ( Akong ) adalah pengajar dari kursus private bimbingan belajar les matematika ini. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai bimbel matematika ini, hubungi, email: rickysugiri@yahoo.com ADD pin bbm = 51fefb79 Please cantumkan dengan lengkap 1. nama siswa? 2. kelas berapa? 3. nama asal sekolah? 4. Mau les apa? 5. Mau les materi berkurikulum nasional atau mau yang materi kurikulum luar (seperti matematika berbahasa inggris, science, dll) ? 6. alamat email yang bisa dihubungi? 7. nomor handphone? 8. Alamat rumah sekarang? (tanpa info yang lengkap dan jelas, email, bbm, sms, whatsapp tidak akan diresponse). Email / BBM preferable for fast response as teaching schedule yang sangat padat. Dan sangat memungkinkan telepon anda tidak terjawab karena kesibukan sang Pengajar yang sangat tinggi

View Full Profile →

Follow me on Twitter
Categories
%d bloggers like this: